LEGENDA DESA PLADEN

LEGENDA DESA PLADEN

                Pada zaman dulu ada seorang kiai yang bernama Mahdum Nata Kusuma Aji. Beliau merupakan murid kesayangan Sunan Muria. Sam Po Kong dan Dhampo awang adalah wali China. Mereka membuat perahu di Gunung Rawa. Gunung itu disebut Gunung Rawa karena bisa berubah jadi rawa.
          Ulah Sam Po Kong membuat perahu di gunung membuat Sunan Muria sakit hati. Gunung yang telah diubah jadi rawa tersebut diubah lagi menjadi gunung oleh Sunan Muria. Mahdum Nata Kusuma Aji adalah seorang dalang di gunung Muria. Sam Po Kong mengetahui bahan pembuatan wayang terbuat dari daun nangka, dan gong yang digunakan dalam pementasan wayang disihir Sam Po Kong menjadi batu. Hal itu membuat Sunan Muria kecewa.
          Pada suatu ketika, Sunan Muria berperang dengan sam Po Kong. Setelah peperangan selesai Sam Po Kong menyihir Mahdum Nata Kusuma Aji menjadi harimau. Kemudian Mahdum Nata Kusuma Aji menyendiri & menangis. Sunan Muria mengetahuinya, setelah itu Sunan Muria menyuruhnya berjalan ke selatan.
          Mahdum Nata Kusuma Aji menetap di tempat yang terdapat rumbia berwarna putih. Sekarang tempat tersebut menjadi sebuah desa, yaitu desa Pladen yang terletak di kecamatan Jekulo kabupaten Kudus.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI