VAUST VRANCIC, SANG MANUSIA TERBANG PENEMU PARASUT

VAUST VRANCIC
SANG MANUSIA TERBANG PENEMU PARASUT

Sejak berabad-abad silam, telah timbul obsesi besar dalam diri manusia untuk bisa terbang selayaknya burung. Banyak ditemui mitos tentang manusia terbang di dongeng-dongeng klasik. Dan seorang ilmuan terkenal, Leonardo da Vinci (1452-1519) adalah ilmuan pertama yang membuat konsep terbang menggunakan parasut. Sketsa gambar seorang manusia terjun bebas dari gedung bertingkat dibuatnya.

Sketsa parasut buatan pelukis Monalisa, Leonardo da Vinci memberi konsep baru mengenai terjun paying. Tapi anehnya tidak satupun ilmuan bisa membuat parasut seperti yang ada pada lukisan da Vinci hingga seabad kemudian.

Kebanyakan ilmuan hanya menganggap bahwa lukisan Leonardo da Vinci hanya sebuah lukisan biasa yang tidak mengandung unsur ilmiah sama sekali. Hal lain yang jadi masalah juga seandainya parasut terbang telah dibuat, dan tidak ada relawan yang bersedia menguji coba terjun payung, karena takut jatuh.

Untungnya ada Vaust Vrancic, seorang ilmuan kebangsaan Kroasia. Dia mendesain model dan ukuran parasut yang diperkirakan mampu menahan berat manusia. Vrancic membuatnya dengan meniru model parasut da Vinci.

Vrancic membutuhkan waktu selama empat belas tahun untuk menciptakan sebuah parasut yang sempurna. Parasut pun sudah jadi, dan kini siapa yang mau menjadi relawan? Weww! Ternyata Vaust Vrancic sendiri yang melakukan uji coba terjun menggunakan parasutnya. Dia melompat dari menara Venice pada tahun 1617.

Awalnya Vaust ragu untuk melompat dari puncak Venice Tower. Namun setelah itu dia meyakinkan diri dan tubuhnya melesat, meluncur ke tanah. Orang-orang yang berada di sekitar tower tegang dan khawatir akan Vrancic. Tetapi karena Vaust Vrancic adalah seorang ahli matematika yang begitu “weww!”, hitungannya pun tidak meleset. Daya dorong udara terhadap parasut bisa menopang tubuh Vaust dan melawan gaya gravitasi. Vaust pun mendarat dengan selamat.

Berkat seorang Vaust Vrancic, keamanan penerbangan meningkat. Parasut digunakan sebagai peralatan keamanan pada pesawat terbang, dan pada jet tempur parasut dipakai untuk rem tambahan. Selain itu parasut juga menjadi salah satu cabang olahraga.


Vaust Vrancic lahir di Sibenik (sekarang disebut Kroasia) pada 17 Januari 1551. Orang-orang Eropa memanggilnya Fausto Veranzio, dan di Venice ia mendapat julukan “homo volans” yang artinya manusia terbang. Vrancic menulis buku teknik yang is beri judul “Machinae Novae”. Buku tersebut berisi konsep-konsep dalam teknik dan mesin.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI