SEPENGGAL KISAH “POPCORN”

SEPENGGAL KISAH “POPCORN


Apa yang terpikir dibenakmu tentang sesuatu yang berkaitan dengan bioskop? Yup! Film.. selain itu? Popcorn! Yeah, popcorn memang telah menjadi makanan ringan yang wajib dibawa saat nonton di bioskop. Tapi, tahukah kamu kalau popcorn sudah ada sejak abad ke-25? Inilah sepenggal kisah tentang “popcorn”.

Dalam catatan Hernando Cortez sekitar abad XV mengungkapkan bahwa popcorn adalah makanan utama bagi suku Aztec, suku yang telah mempunyai peradaban yang tinggi dan bermukim di Amerika Selatan. Selain sebagai makanan utama, suku Aztec sering menggunakan popcorn sebagai pelengkap upacara keagamaan dan untuk dekorasi upacara.

Para ahli dari Harvard University memprediksikan bahwa umur popcorn lebih tua lagi, karena telah ditemukan fosil popcorn. Menurut para ahli tersebut, popcorn telah ada lebih dari 5000 SM.

Popcorn memang bukan hal baru bagi kita. Popcorn mulai dikenal dunia ketika Charles Cretors cara membuat popcorn di 1885. Pada pertengahan abad XIX, popcorn makin tenar dan mulai dijual di karnaval-karnaval.

Tahukah kamu? Dimasa menjelang Perang Dunia ke-2, pihak bioskop merasa terganggu dengan kehadiran popcorn karena suara kunyahan popcorn yang dianggap berisik. Namun popcorn disukai banjak orang, dan sampai sekarang popcorn menjadi teman setia saat  nonton di bioskop. Pada umumnya keuntungan penjualan popcorn melebihi keuntungan dari tiket nonton film. Masyarakat Amerika setiap tahunnya mengkonsumsi sekitar 17 miliar liter popcorn.

Bahan utama pembuatan popcorn adalah jagung, tapi jenis jagung yang digunakan sebenarnya bukan jagung yang enak dimakan. Jagung ini mudah meletup dan merekah disuhu tinggi saat dimasak. Jenis letupan popcorn ada dua, snwoflakes dan jamur. Bentuk snowflakes lebih disukai banyak orang karena ukurannya lebih besar.

Bagaimana jagung yang meletup-letup dan marekah itu disebut popcorn, ya? Nah, begini ceritanya. Saat jagung mulai meletup terdengar suara ‘pop’. Karena itu mumcul sebutan popcorn untuk makanan berbahan jagung ini.

Jagung popcorn bisa meletup saat dimasak di pemanggang karena punya lapisan luar yang kuat dengan bagian dalam mengandung minyak jagung dan zat pati. Saat dimasak tentu saja suhu dalam pemanggang meningkat, lalu bagian dalam jagung menjadi uap bertekanan tinggi, lapisan luar jagung tidak bisa menahannya sehingga meledak dan menampakkan bagian dalamnya yang berwarna putih itu. Popcorn tidak hanya berasa tawar, namun dapat diberi aneka rasa agar cita rasanya lebih istimewa. Rasa stroberi dan coklat pertama kali diperkenalkan oleh Cracker Jacks. Rasa popcorn memang istimewa dan pembuatan popcorn pun unik.

Popcorn dianjurkan sebagai camilan saat menjalani program diet, kanapa? Kandungan trans fat dalam popcorn sangat minim karena tidak digoreng minyak. Namun kamu perlu menghindari terlalu banyak mencampur mentega cair dan garam pada popcornmu. Popcorn juga kaya serat, kamu pun akan merasa kenyang lebih lama dengan mengkonsumsi popcorn. Di dalam popcorn terdapat kandungan antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas dan juga meningkatkan imunitas.


Apa lagi sih kelebihan popcorn? Yaa!! Mengkonsumsi popcorn bisa membebaskanmu dari rasa stress dan bersalah. Kamu jangan takut untuk makan popcorn, karena popcorn tidak memicu obesitas. Popcorn juga banyak mengandung zat yang diperlukan tubuh. Dan satu lagi, kamu tidak perlu ke bioskop untuk bisa beli popcorn. Hehehe :D Popcorn bisa kamu beli kapan saja dan di mall mana saja. Popcorn pun bisa kamu buat sendiri di rumah.


Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI