Sejuta Manfaat Sirsak

Sejuta Manfaat Sirsak

          Annona muricata, atau yang kita kenal sebagai buah sirsak ini banyak tumbuh di seantero dunia. Rasanya yang segar dan lezat membuatnya disukai banyak orang. Tak hanya itu, buah sirsak juga mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Annona muricata
          Penelitian mengenai khasiat buah sirsak ini dilakukan oleh banyak institute, salah satunya oleh Health Science Institute. Hasil penelitian yang dilakukannya menyebutkan bahwa sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit jantung, asma, lever, dan rematik.

          Lebih jauh lagi, penelitian yang dilakukan Purdue University Amerika Serikat mambuktikan bahwa daun sirsak mampu mambunuh sel kanker dengan efektif, terutama kanker pancreas, paru-paru, dan prostat.

          Tidak hanya lembaga tersebut saja yang meneliti khasiat sirsak. Catholic University di korea Selatan menyatakan, salah satu unsure kimia yang terkandung di sirsak mampu memilih, membedakan , dan membunuh sel kanker usus besar 10.000 kali leboh kuat dibandingkan dengan adriamycin dan kemoterapi. Zat alami buat sirsak tidak berefek buruk bagi sel sehat.

          Buah sirsak sarat akan kandungan zat gizi. Buah ini mengandung 67,5% daging buah, 20% kulit, 8,5% biji, dan 4% inti buah, air, serta yang terbanyak adalah karbohidrat. Jenis karbohidrat yang terdapat dalam sirsak adalah glukosa dan fruktosa. Dalam buah sirsak hanya terdapat sangat sedikit lemak (0,3gram / 100gram). Rasa asam yang ditimbulkan saat memakan buah sirsak berasal dari asam prganik non volatile (asam malat, citric acid, dan asam isositrat). Tak ketinggalan, sirsak juga mengandung vitamin C sekitar 20mg/100g. Kandungan vitamin C yang tinggi ini menjadikan buah sirsak sebagai antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlambat proses penuaan. Serat pangan yang terkandung dalam buah ini mencapai 3,3 gram per 100 gram daging buah.

          Tidak hanya buah sirsak saja yang bermanfaat, daun sirsak juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Daun sirsak mampu mengobati kanker, tumor, diabetes, asam urat, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.
=======================================================


Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI