Yuk Kenali Diri dari Genre Musik Favoritmu!


Musik sering menjadi teman kita ketika lagi sendiri, saat di mobil, ataupun pas lagi belajar. Sepertinya musik memang telah jadi kawan setia untuk menghilangkan kebosanan. Well guys, saat di kereta menuju Solo seusai liburan aku ketemu dengan seorang yang mengerti tentang psikologi musik. Pada awalnya kami membahas tentang sebab seseorang bisa gagal dalam rekrutmen polisi karena beliaupun turut andil dalam assessment psikologinya. Nah, hal yang membuatku tertarik dengan bahasan itu ketika beliau mengatakan bahwa kepribadian sesorang dapat terlihat dari jenis musik yang disukainya. Persis sekali dengan kalimat yang biasa kutemui, “music is a part of our soul”, Peter Rentlow dan Samuel Gosling pun dalam peneltiannya menyebutkan bahwa genre musik favorit secara tidak langsung berkorelasi dengan kepribadian. Genre musik yang menjadi favorit tiap orang pasti berbeda-beda, ada jazz, pop, blues, R&B, EDM, rock, metal, dll. Gimana hubungannya dengan kepribadian? Yuk kepoin...

POP
Siapa nih yang sering dengerin top chart di app pemutar musik seperti JOOX ataupun Spotify? Pokoknya lagu yang didengerin harus yang lagi hits. Orang yang menempatkan jenis musik Pop sebagai favoritnya cenderung berkepribadian supel dan ramah pada semua orang termasuk yang baru dikenal. Oleh karenanya mereka mudah terbuka dan dapat berbagi pada orang di sekitarnya, selain itu mereka tipe orang pekerja keras, tidak gampang mengeluh, serta paling tahu cara membuat orang lain merasa senang. Orang yang suka musik Pop pun aware dengan hal yang berbau kekinian, tentunya tanggap dengan apapun yang sedang viral. Itu sisi positifnya.. but guys, Pop lovers ini jika diharuskan untuk menentukan ide atau menunjukkan sisi kreatifnya, they get lost karena bukan pribadi dengan tingkat kreativitas tinggi.

Jazz, Blues, dan Folk

Memang tak banyak orang menempatkan genre musik ini sebagai favoritnya, namun musik beraliran Jazz, Blues, dan Folk ini bagiku terasa nyaman untuk didengarkan dan dinikmati saat sedang bersantai. Penikmat musik ini merupakan seorang yang deep thinker, ide-ide baru dari sudut pandang yang berbeda dapat dengan mudah tercetus dari seorang penikmat Jazz, Blues, dan Folk. Mereka senang dengan hal baru, oleh karenanya biasanya tidak suka jika terlalu lama berada dalam zona nyaman. Namun, mereka adalah tipe orang yang tidak suka diatur. Btw, tidak suka diatur ini jangan dikonotasikan sebagai hal yang negatif ya, karena hal yang dilakukan pun tetap dalam koridornya.

R&B, Hip-hop
A good listener, itulah hal yang tepat bagi R&B dan Hip-hop lovers. Mereka orang yang ekstrovert, menyenangkan, selalu mengikuti kata hati, dan mudah pula dalam mengekspresikan emosinya. Tak hanya itu, mereka akan berbicara dengan apa adanya a.k.a jujur. Namun, R&B dan Hip-hop lovers tak mudah menyukai sesuatu yang baru, mereka juga tidak pandai menyembunyikan perasaannya.

Country
Genre ini memang tidak terlalu populer di kalangan anak muda dan tidak terlalu banyak orang yang suka. Tapi jangan salah loh, pecinta musik Country adalah tipe orang yang memiliki rasa empati tinggi, pekerja keras, dan ekstrovert. Namun sayangnya mereka kurang terbuka terhadap perubahan dan memiliki pikiran yang konservatif.

Rock
Kamu cinta banget sama musik Rock? Jika iya, dapat dipastikan kamu adalah orang yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Kamu pun cenderung penutupi perasaanmu yang halus dengan hal yang terkesan garang agar terlihat kuat dan tidak disakiti orang lain. Tapi sayangnya kamu cenderung egois dan kurang berempati terhadap lingkungan sekitar. Dalam hidup ini kamu berharap untuk merasa bebas dan senang jika kamu memiliki kewenangan penuh atas hidupmu, karena hidup adalah kebebasan.

Metal
Genre musik Metal termasuk dalam musik yang gak semua orang bisa menikmatinya. Kalau kamu suka dengan musik ini mungkin banyak orang yang bilang bahwa kamu adalah orang yang keras, tapi pada kenyataannya kamu punya sifat sebaliknya (berhati selembut sutra hehehe). Tidak semua orang bisa kamu jadikan teman apalagi sahabat. Kamu pun tergolong orang yang kreatif dan suka dengan ide baru serta refleksi diri. Meskipun penggemar musik Metal adalah sosok yang bisa dikatakan introvert, dengan orang terdekatmu kamu dapat menjadi sangat terbuka dan bisa gila-gilaan bareng tentunya.

Klasik
Pastinya kamu tidak asing dengan nama Wolfgang Amadeus Mozart, musisi beraliran klasik yang terkenal dan lagu-lagunya pun punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Penggemar musik klasik identik dengan orang yang pintar, cerdas, suka hal yang kompleks, kreatif, dapat membawa diri dengan baik, disiplin, dan juga ramah. Namun, orang yang menyukai musik klasik memiliki kepribadian yang sedikit tertutup alias introvert. Nah, sifat introvert ini nih yang buat orang penyuka musik klasik jadi gak mudah untuk bergaul. Guys, boleh kok suka musik klasik, tapi hidup jangan klasik-klasik banget hehehe.

Electronic Dance Musik (EDM)
Last but not least ada EDM, musik yang ngehits belakangan ini. EDM memiliki tempo yang keras, cepat, dan berat. Orang yang suka mendengarkan jenis musik ini cenderung mudah bergaul, suka bersosialisasi, dan memiliki pembawaan yang santai. You guys jika suka sama EDM, mudah banget bagi kalian untuk nge-blend dengan orang baru. Tapi sepertinya kamu cenderung kepo dengan hidup orang lain dan ingin orang lain tau hal-hal yang kamu miliki, btw itu annoyed. So, baiknya kamu menajamkan kemampuan introspeksi diri karena tidak semua orang menyukai kepribadianmu.

Which one are you guys?
You’re free to show up your life with music you love the most.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI