Obat Wajib bagi Anak Kost, Nomor 3 yang Perlu Kamu Tahu



Hii para anak kost.. wassup? Sehat-sehat aja kan? Bagi kalian yang sehat-sehat saja, alhamdulillah i’m happy for you. But it’s ok kalian yang lagi gak enak badan, get well sooner than soon guys :) Aku tahu kok, gimana struggle kalian para anak kost. Karena aku pun anak kost hehehe. Ok kali ini kita bakal bahas dikit tentang obat yang harus kita sediakan di kost-an kita. Karena kita anak kost, pastinya kita diharuskan untuk mandiri dalam hal apapun meskipun saat sedang tidak enak badan a.k.a sakit.


Ada pepatah yang mengajari kita untuk “sedia payung sebelum hujan”, hal itu artinya kita diajarkan untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi. Sama halnya dengan aspek kesehatan, kita pasti sering mendengar “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Itu artinya kita harus menyupayakan tindakan preventif terlebih dahulu agar tidak terserang penyakit. Tetapi ada kalanya penyakit datang tanpa kita duga sebelumnya. Patogen tidak pandang bulu tentang siapa dan kapan dia mau masuk ke tubuh kita dan membuat kita jadi sakit. Jadi, selain mendahulukan tindakan preventif kita pun sebaiknya memiliki persediaan obat.

Apa aja sih obat yang wajib ada di kotak P3K kita para anak kost? Let’s check this out :D

1.    Obat untuk mengatasi pusing & nyeri
Kenapa sih kita butuh obat itu di kotak P3K? Kehidupan anak kost terhadang memasuki fase chaos karena tugas ataupun kegiatan lain yang menguras tenaga dan waktu. Hal itu pun dapat membuat kita memiliki pola tidur dan pola makan yang buruk serta banyak pikiran. Hasilnya pun kita sering mengalami pusing. Terkadang juga pernah kan kalian cewe-cewe ngalamin sakit gara-gara datang bulan yang sakitnya minta ampun. Jadi, kita baiknya mempersiapkan obat. Kita butuh yang namanya analgetik untuk mengatasi pusing dan nyeri yang kita alami. Banyak obat yang ada di apotek misalnya Pan*d*l, paracetamol, ataupun asam mefenamat.

2.    Obat demam
Saat kita lagi hectic dengan aktivitas kita dan badan sudah merasa overload maka tubuh akan meresponnya dengan demam yang kita rasakan. Jika sudah demam kita butuh istirahat, minum air putih yang banyak, dan tentunya butuh obat untuk menurunkan suhu tubuh kita. Obat penurun suhu tubuh adalah antipiretik. Obat ini bisa juga bersifat antipiretik-analgesik, jadi bisa memberikan efek penurun suhu dan pereda nyeri. Contoh obat demam misalnya ibuprofen dan paracetamol.

3.    Obat flu dan batuk
Flu dan batuk dikenal dengan common cold. Ini dia salah satu penyakit langganan anak kost pas lagi musim pancaroba ataupun pas lagi musim banyak tugas & kegiatan. Sepertinya penyakit ini tidak pernah absen dari list penyakit yang kita alami sebagai anak kost. Flu dan batuk ini dapat menular melalui udara. Oleh karenanya agar kita cepat sembuh dan tidak menularkannya ke orang lain, maka sesegera mungkin harus mengkonsumsi obat. Tenang aja, obatnya tidak mahal dan gaakan berdampak signifikan terhadap terjadinya kantong kering hehehe. Contoh obatnya yaitu paratusin atau calortusin, tapi jika kalian juga mengalami batuk pilek dengan nyeri tenggorokan baiknya mengkombinasikan paratusin/calortusin dengan metilprednisolon.

4.    Obat alergi
Alergi ini memang jarang dialami, tapi pada sebagian orang dapat mengalaminya (contohnya aku hehehe). Seseorang dapat mengalami alergi pada makanan ataupun cuaca (ex: dingin), dan respons terhadap alergi pun berbeda-beda. Kalau yang aku alami itu gatal-gatal. Nah kalian pasti gak mau kan mengalami reaksi alergi sepanjang hari yang membuat tidak nyaman itu? Ok fix, kita butuh obat. Obat alergi dikenal dengan nama antihistamin. Contoh obat alergi misalnya cetrizin dan incidal.

5.    Obat masuk angin
Anak kost gak keluar malam? Fix, itu hoax. Saat kita keluar pada malam hari ataupun pas udara lagi dingin-dinginnya dengan angin yang melebihi sepoi-sepoi, sering kali kita mengalami yang namanya masuk angin. Ketika masuk angin hal yang kita rasakan adalah mual, perut tidak nyaman, dan pusing. Tidak ada obat khusus untuk masuk angin. Kita hanya butuh sesuatu yang memberikan efek hangat, misalnya minuman jahe hangat, teh manis hangat, ataupun herbal sachet yang biasa diiklankan di TV itu, antang*n dan t*lak ang*in hehehe.

6.    Obat maag
Pola makan yang buruk sebagian besar dimiliki oleh anak kost yang kadang telat makan, makan makanan terlalu pedas dan bergas dapat memicu maag. Obat maag seperti pr*mag, mylant*, dan p*lysilane bisa menjadi pertolongan pertama.

7.    Obat diare dan sembelit
Kebanyakan anak kost merupakan typical indvidu yang suka coba-coba, termasuk coba-coba makanan. Makanan pedas telah menjadi trend makanan yang disukai anak kost saat ini. Makanan pedas dapat memicu terjadinya diare, apalagi jika jajan sembarangan. Pasti gak mau kan, bolak-balik kamar mandi karena diare. Ok, diare dapat kita stop dengan minum entr*stop dan diap*t.
Kebalikan dari diare itu sembelit. Sebagian besar anak kost hidup dengan berhemat dan makan asal kenyang tanpa mempertimbangkan asupan serat, inilah salah satu faktor risiko sembelit, gengs. Saat sudah sembelit kita butuh yang namanya laksatif atau pelancar BAB.

Cuss lah buruan ke apotek, cari persediaan obat agar saat tiba-tiba dibutuhkan kalian tinggal ambil deh di kotak P3K kalian hehehe. Tapi jangan lupa, jika sakit yang terjadi tidak segera sembuh dalam waktu 3 hari, baiknya kalian segera ke dokter agar tertangani dengan baik. That’s all guys.. semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI