Bagaimana Cara Pakai Masker Medis yang Benar?


Sunday, March 26th 2017
Posted by Denanda Agnes S

Bagaimana Cara Pakai Masker Medis yang Benar?

Hi guys.. whats up? Ok, you guys meet me for once again. Kali ini ada sedikit informasi yang akan saya bagi untuk kalian. Ok, langsung saja yaa.. sekarang kita akan bahas tentang masker medis atau masker bedah. Kalian tahu kan? Masker ini bentuknya seperti apa? Iya tentu masker ini bentuknya seperti masker pada umumnya. Pastinya masker ini bukan masker liquid yang biasa dipakai di skin care untuk perawatan loh yaa.
Masker medis atau masker bedah ini memiliki dua warna yang berbeda di kedua sisinya. Warna yang biasa ada dipasaran umumnya biru-putih atau hijau-putih. Kenapa masker medis ini disebut sebagai masker bedah juga? Yupp.. ini karena para dokter bedah biasanya memakai masker jenis ini ketika melakukan prosedur bedah di ruang operasi. Tak hanya dokter bedah saja yang biasa menggunakannya, namun dokter, perawat, maupun tenaga medis yang lainnya pun sering menggunakannya sebagai alat pelindung diri dari kuman maupun virus yang ada di rumah sakit.
Masker medis ini mudah untuk didapatkan, dan tersedia secara luas di apotek maupun took-toko/minimarket dari masker kemasan box sampai yang dijual eceran dalam kemasan plastic. Oleh karena itu, penggunaaan masker jenis ini tak terbatas hanya pada kalangan medis saja, tetapi saat ini kalangan non-medis juga sudah sering menggunakannya. Meskipun masker bedah atau masker medis ini sudah sering dan banyak digunakan, tetapi masyarakat dari kalangan non-medis masih ada yang belum tau ataupun kurang tau cara menggunakan masker ini dengan benar.
Kita semua pasti pernah mendengar info yang mengatakan bahwa terdapat perbedaan cara penggunaan masker untuk orang sehat dengan orang sakit dengan alasan masker mempunyai dua warna yang berbeda yang tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Terdapat info bahwa jika yang memakai masker adalah orang sakit maka cara pakainya yaitu bagian yang berwarna putih berada di dalam menempel wajah dan sisi berwarna biru/hijau menghadap keluar, sebaliknya pada orang sehat masker digunakan dengan sisi berwarna berada di dalam dan sisi berwarna putih berada di luar. Tetapi sebenarnya hal ini adalah hal yang kurang tepat.
Sebenarnya pemakaian masker medis ini adalah sama pada orang yang sehat maupun sakit. Cara penggunaannya yaitu sisi putih berada di dalam dan sisi yang berwarna menghadap ke luar. Masker medis ini fungsinya adalah untuk menyaring udara dan efektif dengan pemakaian seperti yang sudah dijelaskan tadi (putih di dalam, biru/hijau di luar). Tetapi perlu diingat, masker ini tidak didesain untuk menyaring partikel  dan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil, termasuk virus influenza dan bakteri turbekulosis. Oleh karena itu orang yang sehat tidak disarankan untuk menggunakan masker jenis ini dan cukup hanya orang yang sakit saja.
Di masker medis ini juga terdapat semacam kawat. Bagian yang terdapat kawatnya harus ditempatkan di atas (pada hidung). Kawat ini berguna untuk menyesuaikan lekuk hidung dengan cara menekannya mengikuti lekuk hidung. Adanya kawat pada masker juga membuat udara dari luar tidak dapat masuk dari rongga/celah di antara pipi dengan hidung.
Nah, itu tadi tentang pemakaian masker ditinjau dari perbedaan warna di kedua sisinya. Lalu, apakah masker medis ini bisa digunakan lebih dari sekali? Jawabannya tentu saja tidak. Masker medis sangat tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari sekali. Saat kita menggunakan masker partikel kuman, virus, dan droplet ludah maupun pernapasan telah terperangkap dalam masker. Jika masker yang telah dipakai digunakan lagi, maka kuman yang telah ada disana dapat berkembang biak dan akan terhirup ke saluran napas, sehingga masker malah kehilangan fungsinya sebagai pelindung. Oh ya, apakah dengan mencuci masker, masker jadi bisa dipakai sebih dari sekali? Tentunya tidak. Karena lapisan filtrasi udara pada masker jika dicuci akan rusak. Pori-pori filter masker malah melebar jika dicuci. Jadi, tidak direkomendasikan untuk menggunakan masker medis/bedah lebih dari sekali dan mencucinya dengan alasan apapun. This kind of mask is unreusable.
Yup itulah sekilas info tentang masker medis atau masker bedah yang bisa saya bagi kali ini. Jika ada info lain seputar masker dari kalian comment saja di bawah.. okeee?
Semoga bermanfaat J

Comments

  1. Saat ini sangat disarankan untuk menggunakan masker, musim covid-19, semoga segera berakhir

    https://pusatjajananpasar.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI