Beragam Fakta Bersin Unik dan Menarik yang Mungkin Belum Kamu Sadari


Setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalami hal yang dinamakan bersin. Bersin sebenarnya dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang berada di dalam saluran pernapasan. Meski begitu, cara dan gaya bersin tiap orang berbeda, ada yang bisa bersin dengan tenang dan yang lainnya bersin dengan mengeluarkan suara yang unik. Selain itu, ternyata masih banyak fakta bersin lainnya yang unik dan menarik untuk diketahui. Apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. Check this out.
1. Mata secara otomatis menutup saat bersin
Sepertinya hampir setiap orang pasti menutup matanya saat bersin. Sudah secara alamiah mata akan menutup tanpa disengaja ketika bersin, dan sulit bila ingin dipaksakan terbuka. Ketika otak menerima sinyal untuk bersin, maka mata juga akan menangkap sinyal untuk segera menutup. Itu sebabnya, sekeras apapun usaha kamu untuk tidak menutup mata, akhirnya mata tetap akan tertutup juga.
2. Bersin itu refleks
Hidung gatal, alergi, atau bau makanan yang menyengat adalah beberapa hal yang menyebabkan Kamu bersin. Namun pada dasarnya, bersin dipicu oleh hal yang sama, yakni refleks tubuh. Ya, alasan utama amu bisa bersin karena tubuh bereaksi terhadap berbagai hal penyebab bersin. Ketika debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke dalam hidung, maka otak menerima sinyal untuk menyingkirikan “benda asing” ini. Kemudian tubuh akan bereaksi dengan menarik napas panjang dan menahannya sehingga menyebabkan otot-otot di dada mengencang. Tekanan ini secara tidak sadar akan membuat lidah Kamu menempel ke bagian atas mulut, lalu udara pun keluar dengan cepat dari hidung bersamaan dengan kamu menghembuskan napas. Akhirnya, inilah yang mengakibatkan bersin.
3. Jantung tidak berhenti berdetak saat sedang bersin
Mungkin kamu pernah mendengar segelintir orang yang bilang kalau saat bersin, maka jantung akan berhenti berdetak. Padahal sebenarnya ritme serta denyut jantung hanya akan melambat secara alami akibat bersin. Hal ini terjadi karena tarikan napas dalam yang dilakukan sebelum bersin, membuat tekanan saraf dan otot di dada berubah. Itu sebabnya, aliran darah akan ikut berubah yang kemudian memengaruhi ritme dan denyut jantung.
4. Bersin untuk “reset” rongga hidung
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania, menyimpulkan bahwa bersin dilakukan saat rongga hidung disetel ulang. Pasalnya, bersin mampu mengatur ulang lingkungan yang ada di dalam saluran hidung sehingga partikel-partikel asing yang dihirup melalui hidung akan terperangkap dan kemudian keluar melalui bersin.
5. Partikel cipratan bersin bisa berpindah dalam jarak yang jauh
Jangan remehkan seseorang yang bersin, meskipun berada dalam jarak yang cukup jauh denganmu. Sebab partikel cipratan bersin yang dikeluarkan bisa “terbang” hingga lima langkah kaki bahkan lebih. Menurut Dr. Marjorie L. Slankard, MD, seorang dokter sekaligus direktur alergi klinik di Columbia New York Presbyterian Medical Center, ini disebabkan oleh reaksi bersin yang cukup kuat serta ukuran partikel cipratan yang cukup kecil, sehingga bisa menempuh jarak yang cukup jauh. Maka, penting untuk menutup hidung dan mulutmu ketika hendak bersin agar mencegah penyebaran virus.
6. Bersin tidak akan terjadi saat tidur
Coba ingat-ingat kembali, pernahkah kamu bersin ketika sedang tidur? Ya, bersin memang tidak pernah terjadi saat tidur. Pasalnya, ketika seseorang tertidur maka seluruh saraf dalam tubuh akan ikut beristirahat. Itu artinya, saraf yang memicu timbulnya bersin pun tidak akan bekerja selama kamu tertidur.
7. Sebab bersin berkali-kali
Salah satu fakta bersin yang mungkin sering kamu temui yakni bersin bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu waktu, bahkan hingga tiga atau empat kali. Bagaimana bisa? Hal ini sebenarnya berkaitan dengan apa yang menjadi pemicu munculnya bersin. Bersin adalah respon tubuh yang bertujuan mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam hidung, maka mungkin diperlukan beberapa kali supaya rongga hidung bisa bersih dari benda asing yang menempel.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI