Implementasi Sosialisasi pada Film Three Idiots

PERAN SOSIALISASI

Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk menerimadan menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan, yang berupa cara-cara bersikap, bertindak , dan berinteraksi dalam masyarakat (adat istiadat, perilaku, bahasa dan lain-lain).
Sosialisasi dimulai dari lingkungan keluarga atau kelompok yang ada di sekitar kehidupannya, yang lama kelamaan dengan berhasilnya penerimaan atau penyesuaian tersebut, seseorang akan merasa menjadi bagian dari keluarga atau  kelompok tersebut. Sosialisasi merupakan proses yang sangat penting dalam perjalanan kehidupan manusia.
Terdapat banyak sekali peranan sosialisasi baik keluarga, teman sepermainan, dan lingkungan sekolah dalam film The 3 Idiots.
Film tersebut meceritakan 3 sahabat  yang berusaha meraih mimpi mereka menjadi orang yang sukses. 3 sahabat tersebut adalah Farhan, Raju, dan Rancho.


GARIS BESAR FILM “THE 3 IDIOTS”

  • ·         Virus menekan seluruh mahasiswanya di ICE untuk menjadi sempurna.
  • ·         Rancho berbicara panjang pada Virus. Virus merasa direndahkan dan Rancho di hukum mengajar mekanika.
  • ·         Ayah Farhan memaksakan keinginannya agar Farhan menjadi insinyur, karena itu harta orang tua Farhan digunakan untuk kuliah di ICE.
  • ·         Virus adalah orang yang perhitungan. Dia menekan dan mempengaruhi pikiran Raju dan Farhan dengan membicarakan pendapatan keluarga agar mereka menuruti keinginan Virus.
  • ·         Tuntutan agar selalu menjadi sempurna dalam akademik mengakibatkan banyak mahasiswa ICE bertindak curang untuk mendapatkan kesempurnaan.
  • ·         Ada salah satu mahasiswa ICE yang ingin selalu sempurna. Dia adalah Chatur. Chatur menghafal buku tanpa memahami isinya. Dia bermaksud agar saat ulangan atau tes mendapat hasil yang terbaik. Namun hal itu sia-sia saja.
  • ·         Rancho dan Farhan menolong ayah Raju saat sedang sakit parah dan menunggunya sampai larut malam meski esok nya ada tes yang penting di ICE.
  • ·         Untuk menjadi sukses harus menjalani pekerjaan yang di sukai. ( Rancho suka mekanika, dia menekuninya dan menjadi sukse dalam bidang mekanika).
  • ·         Raju berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Dia ingin mewujudkan keinginan ayahnya agar Raju bisa mengentaskan kemiskinan keluarga dengan menjadi insinyur.
  • ·         Karena tekanan Virus dalam kegiatan akademik Raju, Raju frustasi dan mencoba bunuh diri.
  • ·         Raju terbaring koma di Rumah Sakit, Rancho dan Farhan memberinya semangat dan motivasi, Raju pun bangun dari koma dengan tersenyum.
  • ·         Ayah Farhan pada awalnya sangat memaksa agar Farhan menjadi insinyur. Namun hati Farhan tidak di mekanika, melainkan fotografi. Ayah Farhan menyayangi Farhan, demi kebahagiaan anaknya dia pun mengizinkan Farhan menjadi fotografer.
  • ·         Sebelum tes akhir di ICE Raju mendapat pekerjaan . Virus tetap membenci Raju, dia berusaha menggagalkan tes akhir Raju agar Raju tidak mendapat pekerjaan.
  • ·          Virus menerapkan pada pola sosialisasi Represif di keluarganya. Dia memaksakan keinginannya pada anak-anaknya. Akibatnya kakak Phia bunuh diri karena tekanan ayahnya (Virus).
  • ·         Impian Rancho untuk mengubah sistem pendidikan serta impian Raju dan Farhan dapat terwujud dengan usaha,keinginan,dan semangat persahabatan the 3 idiots (Rancho,Raju,& Farhan).


SOSIALISASI

1.      DALAM LINGKUNGAN KELUARGA

A.    POLA REPRESIF
Dalam film ini di paparkan tentang penekanan terhadap anak, yang dilakukan oleh Virus dan orang tua Farhan. Virus menekan anak-anaknya agar menuruti semua keinginannya. Kakak Phia yang ingin menjadi seorang penulis dipaksa untuk menjadi Insinyur pada akhirnya dia bunuh diri dengan meloncat dari kereta api karena tekaknan ayahnya (Virus).
Ayah farhan menghendaki agar Farhan menjadi insinyur namun Farhan ingin menjadi photographer profesional. Ayahnya mengorbankan seluruh harta untuk kuliah Farhan di ICE.

B.     POLA PARTISIPASIF
Dalam film ini juga terdapat pola sosialisasi partisipasif yaitu karena rasa sayang ayah Farhan terhadap Farhan, dia akhirnya mengijinkan Farhan untuk menjadi fotografer, laptop yang akan diberikan untuk Farhan diganti dengan kamera.
Setelah kelahiran putra pertama anak Virus Mona) hati Virus luluh dan tersadar,  dia tidak lagi memaksakan keinginannya terhadap siapapun.

2.      DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH
Pada saat Farhan, Raju, dan Rancho berkuliah di ICE dan sama-sama mengambil jurusan mekanika. ICE merupakan universitas yang menerapkan kedisiplinan. Rektor universitas, Virus adalah salah satu rektor yang tegas, ia selalu mengajarkan kepada anak didiknya agar berusaha keras menggapai kesuksesan. Pendidikan di ICE menekankan mahasiswanya agar tidak pernah gagal, tentu saja hal tersebut membuat para mahasiswa sangat tertekan. Karena itu ada salah satu mahasiswanya yang bunuh diri karena merasa tertekan oleh semua peraturan di ICE.
Tuntutan ‘kesempurnaan’ di ICE mengakibatkan banyak mahasiswanya bertindak curang. Ada salah satu mahasiswa yang ingin selalu menjadi nomor satu dan terpintar, ialah Chathur. Dia menggunakan metode menghafal tanpa memahami isinya. Metode seperti itu hanya sia-sia belaka karena tidak ada ilmu yang terserap.
Tekanan Virus pada Raju dalam akademik membuat Raju frustasi & mencoba bunuh diri dengan melompat dari lantai atas (ruang kerja Virus).
Raju mendapat pekerjaan sebelum tes akhir di ICE. Namun karena rasa benci Virus pada Raju, Virus bermaksud untuk menggagalkan Raju dalam tes akhir agar tidak jadi dapat pekerjaan.

3.      DALAM LINGKUNGAN TEMAN SEPERMAINAN
3 sahabat yang selalu bersama, saat sudah sepuluh tahun berpisah Farhan & Raju mencari salah seorang sahabatnya yang menghilang, yaitu Rancho yang ternyata bernama asli Pungshuk Wungdu, ia dulu adalah seorang anak pembantu di rumah milik pengusaha terkenal. Dan dia rela menggunakan nama Rancho agar dia dapat bersekolah, karena dia sangat ingin belajar.
Persahabatan the 3 Idiots merupakan persahabatan yang solid. Ketika ayah Raju sakit parah Rancho & Farhan menolongnya serta menungguinya sampai esok meski ada tes akhir di ICE.
Saat Raju mencoba bunuh diri karena tekanan Virus, Rancho & Farhan menolongnya. Mereka berdua memberi semangat serta motivasi pada Raju. Raju pun bangun dari koma dengan tersenyum.
Dalam persahabatan The 3 Idiots selalu tolong-menolong, saling pengertian, memberi semangat serta motivasi yang membuat seluruh impian The 3 Idiots (Rancho, Raju, & Farhan) terwujud.

4.      DALAM LINGKUNGAN KERJA
Rancho, Raju, & farhan selalu berlaku jujur dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat mereka masing-masing. Sehingga mereka mampu menjalani pekerjaan dengan baik dan senang, serta pekerjaan tersebut dapat bermanfaat untuk diri sendiri & orang lain.



KESIMPULAN

Film inspiratif ini (The 3 Idiots) di dalamnya terdapat banyak hal yang dapat kita teladani, seperti persahabatan The 3 Idiots yang saling membantu, pengertian, saling menyemangati, & memberi motivasi. Kita juga diajarkan agar tidak memaksakan keinginan pada orang lain. Biarkanlah mereka menentukan jalan hidupnya & menuruti kata hatinya, karena hati selalu menuntun pada keberhasilan serta menjadikan kita menjadi manusia yang berkualitas.

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI