Ragukah Kalian Akan Kekuatan Pancasila?

Ragukah Kalian Akan Kekuatan Pancasila?

          Dari laman http://id.wikipedia.org/wiki/Pancasila menyebutkan bahwa Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
          Pancasila
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
          Memang, sejak mengenyam pendidikan di bangku Taman Kanak-kanak kita telah dididik untuk hafal dan memahami serta mengamalkan Pancasila. Tapi, tak jarang terlontar pertanyaan-pertanyaan dari mulut kita mengenai Pancasila, seperti:

“Pancasila, apa itu?”
“Apakah hanya lima kalimat yang sengaja diciptakan sebagai pemanis dan formalitas di Negara ini?”
“Mengapa harus ada Pancasila?”
“Apa pentingnya Pancasila untuk kita?”

          Sering kali kita kurang memahami Pancasila, dulu Indonesia belum mengetahui ideologi yang pantas untuknya. Para pendiri bangsa pun terus menggali ideologi yang sesuai dan terbaik bagi Negara ini, Indonesia. Disaat Indonesia baru saja lepas dari belenggu penjajahan, segelintir orang yang ingin mencoba menerapkan ideologi bangsa lain untuk Indonesia dan memang ideologi itu adalah ideologi yang notabene sukses di Negara asalnya. Namun pada akhirnya, kita semua sepakat bahwa ideologi terbaik bagi Indonesia adalah Pancasila.

   Ketika Indonesia belum bisa berdiri tegak, banyak sekali pemberontakan-pemberontakan yang terjadi. Kelompok-kelompok manusia yang mengatasnamakan manusia Indonesia itu tidak terlalu nyaman dengan Pancasila, bahkan mereka ingin menggantinya dengan ideologi yang mereka rasa lebih sesuai. Terlebih lagi, gerakan tersebut malah berusaha memecah belah keutuhan Indonesia ini.  Jenderal-jenderal besar pun banyak berguguran atas peristiwa tersebut.
         Peristiwa G30S/PKI merupakan pemberontakan terbesar yang pernah kita rasakan selama Indonesia lepas dari penjajah. Tetapi peristiwa itu dapat teredam dan dihentikan oleh semangat juang bangsa Indonesia. Ya! Semangat itu terus membara di diri bangsa Indonesia, semangat Pancasila. Jadi jelaslah bahwa Pancasila memiliki kekuatan besar dan dapat menumpas kekuatan lain yang berusaha merobohkan Indonesia.
          Begitu kuatnya Pancasila sehingga sampai saat ini Indonesia masih dan tetap berdiri kokoh meski potensi untuk hancur tetap ada. Mengapa? Kita tahu bahwa Indonesia itu dihuni oleh puluhan ribu suku bangsa dengan jutaan keanekaragaman yang ada. Di tiap-tiap individunya menginginkan sukunya lebih unggul dari suku lain.
          Namun, inilah Indonesia. Negeri yang kata orang adalah sebuah ‘tanah surga’. Negeri yang terletak di ekuator bumi, dengan sebutan ‘Zamrud Khatulistiwa’. Negeri yang begitu kaya karena sejak zaman bahula telah dikaruniai Tuhan dengan beragam kekayaan yang mungkin tak dimiliki oleh bangsa lainnya di dunia. Kekayaan Indonesia atas potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia seharusnya dapat menjadi pendorong yang kuat bagi kemajuan bangsa ini, bukan menjadi pemicu keretakan dalam tubuh Indonesia.
          Mari renungkan sejenak arti Pancasila bagi kita bangsa Indonesia dalam syair lagu ‘Pancasila Rumah Kita’ yang tercipta dari musisi besar kita, Franky Sahilatua.
Pancasila Rumah Kita

* Pancasila rumah kita
rumah untuk kita semua
nilai dasar Indonesia
rumah kita selamanya

** untuk semua puji namanya
untuk semua cinta sesama
untuk semua warna menyatu
untuk semua bersambung rasa
untuk semua saling membagi
pada semua insan, sama dapat sama rasa
oh... Indonesiaku (oh Indonesia)

repeat *, **

Comments

Popular posts from this blog

Unsur Intrinsik Legenda ‘Keong Emas’

REINFORCEMENT DAN PUNISHMENT

PERTANYAAN SEPUTAR ALKALI